Bisakah Kita Melakukan Tes HIV Pada Saat Berpuasa?

981 Views

Apakah di antara sahabat Puzzle ada yang mau melakukan tes HIV namun masih ragu? Apalagi sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini.
Atau sedang puasa terus tes HIV, batal nggak sih?

Pendapat terkuat adalah bahwa mengeluarkan darah disaat berpuasa adalah tidak membatalkan. Hal ini dikiaskan dengan berbekam yang tidak membatalkan puasa. Kecuali darah yang keluar dari dalam tubuh adalah dengan jumlah yang besar dan dapat menimbulkan lemah bagi yang berpuasa.

Melalui pendapat beberapa ahli agama seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Rahimahumullah juga menyatakan bahwa:
“Pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium tidak membatalkan puasa. Dokter butuh mengambil sedikit darah dari pasien untuk memeriksanya. Ini tidak membatalkan karena merupakan darah yang sedikit dan tidak berpengaruh terhadap badan, sebagaimana berbekam juga tidak membatalkan puasa. Maka hukum asalnya adalah tetap sah puasanya. Tidak bisa membatalkan kecuali dengan dalil syar’i.”

Nah, untuk sahabat Puzzle yang sedang berpuasa dan mau melakukan tes HIV, tidak usah ragu lagi. Yuk tes HIV!



Sumber: myupdatestat.us/testjkt

Disusun oleh: Arul – @rullz_arul

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com