Ubah Perasaan Bersalahmu dengan Optimis

752 Views

Dalam sebuah perilaku, tentunya kita dihadapkan dengan sebuah nilai arti kebaikan atau keburukan. Tindakan yang membuat banyak manfaat kepada diri sendiri atau orang lain menjadi dambaan seseorang, namun apajadinya jika kita melakukan tindakan yang diluar nilai yang telah tertanam dalam diri kita?

Gaya hidup di era sekarang banyak macam kebutuhan dan keinginan dari setiap individu. Misalnya saja kebutuhan dalam bersosial, khususnya dalam hubungan berpasangan. Ketika hubungan sudah jauh dijalani dan melakukan perilaku seks beresiko pertamanya dengan pasangan, atau apabila individu tertular dengan virus HIV dari perilaku seks beresikonya maka tidak banyak dari mereka yang merasa bersalah (Feeling Guilty). Bagaimana perasaan bersalah ini bisa muncul?

Perasaan bersalah ini memang diawali dengan adanya kesadaran dari diri akan perilaku yang dianggapnya kurang baik. Kemudian terus dikaitkan dengan nilai-nilai yang ditanam didirinya semisal nilai religious atau budaya yang dimana mereka merasa berdosa, tidak suci, mengutuk bahkan membenci dirinya sendiri. Hal tersebut akan berdampak negatif terhadap kondisi fisik dan emosi seseorang. Maka disinilah perlunya mengubah perasaan bersalah menjadi suatu hal yang berdampak baik terhadap seseorang. Berikut cara mengubah perasaan bersalah menjadi pribadi yang lebih baik, diantaranya:

  • Bersyukurlah saat mengalami kondisi “merasa bersalah”.

Loh kenapa? Karna tidak semua orang memiliki atau merasakannya. Ketika Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru menerima statusnya dan mengambil pelajaran berharga atas perbuatan dimasa lampau serta dapat melalui dengan rasa bersyukur, maka dari sanalah mereka menemukan kehidupan yang lebih berkualitas dan menghargai segala yang dilakukannya.

  • Menerima apa yang terjadi dengan lapang dada (acceptance) .

Terima bahwa ini sebuah proses kehidupan yang harus dijalani. Memang tidak mudah, justru dengan sulitnya kita melalui proses ini akan muncul karakter dan pribadi yang tangguh dalam diri kita. Jadikan semua ini motivasi diri untuk menjadi lebih baik.

  • Memaafkan diri sendiri.

Sadar dan memaafkan dengan apa  yang terjadi dimasa lampau saja sudah satu langkah lebih baik, jangan terlalu menghukum pada diri sendiri. Berilah kesempatan pada diri untuk membuka lembar baru.

  • Move move move, lakukan pergerakan yang positif untuk masa depan

Lakukan hal positif dan tetap berkomitmen dengan KEHIDUPAN SEHAT dan BERKUALITAS.

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com