KENAPA PITA MERAH DIJADIKAN LAMBANG HIV AIDS?

867 Views

Pernahkah sahabat Puzzle bertanya, kenapa pita merah seringkali dijadikan sebagai lambang HIV AIDS?

Ternyata yang mencetuskan pita merah sebagai lambang HIV AIDS internasional adalah suatu kelompok dermawan kecil bernama Visual AIDS di New York tahun 1991.

Visual AIDS bekerja sama dengan Broadway Cares and Equity Fight AIDS meresmikan simbol ini ke publik di bulan Juni, 1991 sekaligus memperingati 45 tahun Tony Award.

Pita merah melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh. Warna merah melambangkan pula semangat untuk melawan virus ini.

Pita merah ini menjadi lambang untuk mempersatukan berbagai pihak di seluruh dunia yang peduli akan penyebaran HIV AIDS di seluruh dunia. Dari didirikannya LSM peduli HIV AIDS, para relawan dan masyarakat umum yang sama-sama peduli dalam isu tersebut.

Pita merah ini pun menjadi lambang pengharapan dalam pencarian vaksin dan obat untuk orang-orang yang telah terinfeksi HIV. Selain untuk dukungan kepada para ODHA untuk tidak terinfeksi ulang dengan cara pengobatan ARV, serta dukungan bagi siapa saja yang telah kehilangan teman, saudara, keluarga atau orang yang dicintai karena HIV AIDS.

Pita merah yang berbentuk V terbalik menjadi simbol Unvictory, mengisyaratkan bahwa hingga saat ini kita belum benar-benar menang melawan virus ini.

Oleh beberapa pihak, lambang pita merah ini dimanfaatkan sebagai ajang penggalangan dana, dukungan secara langsung maupun secara tidak langsung untuk para ODHA.

Editor: Arul

Sumber: ypi.or.id dan beritasatu.com

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com