Kisah Seorang Atlet Tenis Dunia

706 Views

Arthur Robert Ashe Jr. (10 Juli 1943 – 6 Februari 1993) adalah seorang atlet tenis profesional berkebangsaan Amerika, yang telah memenangkan tiga Grand Slam Single Title.

Ashe adalah atlet berkulit hitam pertama yang terpilih untuk team United States Davis Cup dan pria berkulita hitam pertama yang memenangkan The Singles Title pada kejuaraan Wimbledon, US Open dan Australian Open.

Pada awal tahun 1980an, Ashe telah terinfeksi HIV yang ia ketahui ketika operasi jantung. Beliau mempublikasikan statusnya sebagai ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) pada April 1992 dan mulai mengedukasi kepada orang lain terkait informasi HIV dan AIDS. Beliau juga mendirikan Arthur Ashe Foundation for The Defeat of AIDS dan The Arhur Institute for Urban Health, sebelum beliau meninggal dikarenakan Pneumonia terkait AIDS pada usia 49 tahun, pada 6 Februari 1993.

Dari seluruh dunia, beliau mendapatkan surat dari penggemarnya, salah satunya menyampaikan:

“Kenapa Tuhan harus memilih anda untuk mendapatkan penyakit yang begitu buruk itu?”

Kemudian Ashe menjawab:

“Lima puluh juta anak mulai bermain tenis. Lima juta dari mereka mulai belajar bagaimana bermain tenis. Lima ratus ribu orang tenis secara profesional. Lima pulih ribu orang bertanding dalam turnamen. Lima ribu orang mencapai Gram Slam. Lima puluh orang mencapai Wimbledon. Empat orang mencapai semi final. Dua orang mencapai final dan ketika saya menggenggam pialanya, saya tak pernah bertanya kepada Tuhan, mengapa saya?”

Kebahagiaan membuat hidupmu terasa manis.

Cobaan membuatmu kuat.

Kesedihan membuatmu tetap menjadi manusia.

Kegagalan membuatmu tetap rendah hati.

Kesuksesan membuatmu berpijar.

Namun, hanya keyakinan dan sikap yang akan membuatmu tetap melangkah maju.

Sumber:

www.wikipedia.org/Arthur_Ashe

www.essentiallysports.com/the-why-me-story-by-arthur-ashe

www.portal-ilmu.com/kisah-petenis-nomor-satu-dunia

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com