Mengenal Infeksi Menular Seksual (IMS)

853 Views

Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan infeksi yang timbul akibat dari kegiatan seksual. IMS juga dapat disebut sebagai penyakit kelamin atau penyakit kotor, biasanya penularan terjadi karena hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan vagina ataupun cairan tubuh lainnya. Tanda-tanda dari IMS sendiri tidak selalu ada di alat kelamin, tetapi ada juga di indra penglihatan, mulut, saluran pencernaan, hati, otak, atau bagian tubuh lainnya.

IMS dapat menyerang siapa saja, terutama pelaku hubungan seksual yan berhubungan seksual dengan pasangan yang telah terjangkit IMS. Dan kalau kita sudah pernah berhubungan seksual, maka kita punya kesempatan untuk terkena IMS walaupun berhubungan seksual hanya satu kali saja.

Terkadang IMS tidak terlalu menimbulkan gejala seperti yang telah disebutkan diatas, jadi mungkin saja ada infeksi namun Anda tidak mengetahuinya, itulah sebabnya cukup penting juga untuk rutin memeriksakan diri jika Anda berhubungan seksual secara aktif. Selain melalui hubungan seksual, penyebaran IMS juga bisa terjadi tanpa hubungan seksual, misal terjadi dari seorang ibu kepada bayinya, baik saat mengandung atau ketika melahirkan. Pemakaian jarum suntik secara berulang atau secara bergantian di antara beberapa orang juga beresiko menularkan infeksi.

Sumber:

http://www.alodokter.com/penyakit-menular-seksual-pms

http://www.bicarakontrasepsi.com/id/tentang-perempuan/seks-pasangan/infeksi-seksual-menular/

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com