Penemu Obat ARV Pertama di Dunia

1 View

Bicara tentang obat ARV (Anti Retro Viral), Sahabat Puzzle pernah kepo nggak sih? Siapa orang pertama yang menemukan obat tersebut? Yuks kita simak informasi berikut ini.

Antonin Holy adalah seorang ilmuwan asal Ceko yang lahir pada 1 September 1936. Berspesialisasi dalam bidang kimia dan bekerja sama dalam pengembangan obat Anti Retro Viral, yang digunakan dalam pengobatan HIV dan Hepatitis B. Serta terlibat dalam pembuatan obat tersebut. Beliau adalah penulis dari 400 lebih penemuan ilmiah dan memegang 60 pasien. Dengan penemuan ilmiah tersebut, karyanya telah mempengaruhi jutaan orang dengan penyakit virus seperti HIV AIDS, Hepatitis B dan banyak penyakit virus lainnya. Pada 2008, beliau mendapatkan gelar kehormatan Honorary Professorship di University of Manchester’s School of Chemistry.

Lahir di Praha, Czechoslovakia, Antonin Holy mempelajari kimia organik dari 1954 sampai 1959 di Fakultas Sains Universitas Charles, Praha. Pada 1960 beliau berlatih din Institute of Organic Chemistry and Biochemistry (IOCB) of The Czechoslovak Academy of Sciences di Praha dan telah menjadi peneliti di sana sejak 1963.

Sejak 1976 beliau telah berkolaborasi  dalam pengembangan obat Anti Retro Viral baru dengan Erik De Clercq dari Rega Institute for Medical Research di Catholic University of Leuven, Belgium.

Pada 2006, perusahaan biofarmasi AS, Gilead Sciences, di bawah arahan Tomas Cihlar,  dan Institute of Organic Chemistry and Biochemistry (IOCB) dari Academy of Sciences, Republik Ceko, bersama-sama  mendirikan pusat penelitian baru, berorientasi kepada pengembangan persiapan baru.

Beberapa obat ARV (Anti Retro Viral) berdasarkan penemuan Holy telah dilisensikan. Pada 1996, Vistide telah disetujui untuk diproduksi di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Viread (Tenofovir) telah disetujui di US pada 2001 untuk pengobatan AIDS dan Hepsera telah disetujui pada 2003 untuk pengobatan Hepatitis B. Truvada adalah kombinasi dari Viread dan Emtricitabune, telah disetujui pada 2006 untuk digunakan di USA.

Holy telah pensiun setahun sebelum meninggal karena sebab yang tidak diketahui, di usia 75 tahun, pada 16 Juli 2012. Pernyataan dari IOCB, menyampaikan bahwa dengan meninggalnya beliau, IOCB merasa sangat kehilangan. Beliau meninggal dua bulan setelah U.S Food and Drug Administration (FDA) menyetujui Truvada untuk pengobatan HIV. Dan pada hari yang sama pula FDA menyetujui Truvada untuk pencegahan HIV.

Informasi di atas semoga bisa menjawab rasa penasaran Sahabat Puzzle ya!

Sumber: Wikipedia, http://bit.ly/2WdZ0v8 (translate)

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com