6 Langkah Sederhana Supaya ODHA Bisa Tetap Bugar

610 Views


Sahabat Puzzle, memang tidak mudah untuk menerima status baru sebagai Orang Dengan HIV AIDS atau ODHA. Namun itu bukan menjadi alasan tersebar untuk tidak melanjutkan hidup dan mewujudkan impian kita.

Berikut ada 6 tips langkah sederhana agar Sahabat Puzzle bisa tetap bugar.

1.Rajin Minum Obat.

Sangat penting sekali bagi para ODHA untuk rutin meminum obat Anti Retro Viral atau ARV, sesuai dengan resep dokter, karena HIV sangat cepat berkembangbiak di dalam tubuh. Bahkan melewatkan satu dosis pengobatan, justru dapat menyebabkan virus menjadi kebal alias resistan terhadap obat-obatan termasuk ARV.

2.Jaga Pola Makan Sehat.

Pastikan makanan yang Sahabat Puzzle konsumsi mengandung gizi yang seimbang. Meliputi karbohidrat, protein, serat, lemak baik, vitamin serta mineral. Jangan lupa coba hitung asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh Sahabat Puzzle.

3.Mengelola Stress Dengan Baik.

Jangan sungkan untuk berbagi cerita atau curhat dengan keluarga, kerabat, pasangan, teman dekat atau Sahabat Sebaya. Bila sudah merasa tidak tahan dengan tekanan yang sedang dihadapi, Sahabat Puzzle bisa berkonsultasi dengan dokter atau konselor yang berada di kota Sahabat Puzzle.

4.Berhenti Merokok.

Pada dasarnya mulai untuk berhenti merokok tidak hanya baik bagi para pengidap HIV, namun dengan berhenti merokok akan membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan yang akan dihadapi.

5.Rutin Berolahraga.

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang terus melemah membuat orang dengan HIV, rentan terhadap berbagai infeksi virus. Namun, penelitian menemukan bahwa berolahraga dengan intensitas endah sampai sedang, justru dapat membantu para ODHA terhindar dari berbagai risiko infeksi virus lainnya.

6.Pakai Kondom Saat Berhubungan Seks.

Tips sehat untuk para ODHA yang satu ini, tidak kalah pentingnya. Melakukan perilaku seks yang aman dengan menggunakan kondom, tidak hanya mencegah penularan HIV, tapi juga melindungi Sahabat Puzzle dan pasangan dari infeksi penyakit menular seksual lainnya. Jadi pastikan selalu menggunakan kondom setiap kali ingin berhubungan seks dengan pasangan ya.

Ke 6 tips sederhana tadi sangat mudah untuk dilakukan dan semoga bermanfaat bagi para Sahabat Puzzle.

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com