Apa Perbedaan Dari Social Distancing, Isolation dan Quarantine?

725 Views
Di kala pandemi Corona atau Covid-19 yang tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia, ada beberapa kebijakan pemerintah yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus agar tidak menyebar semakin luas.
Beberapa kebijakan itu diantaranya adalah social distancing, isolation dan quarantine. Sahabat Puzzle, yuk kita simak perbedaan dari 3 istilah tersebut.

 

1. Social Distancing. Jarak sosial harus dipraktikkan oleh semua orang, apakah terkena virus atau tidak. Langkah-langkah luas ini termasuk menghindari berjabat tangan dengan orang banyak, tinggal setidaknya 2 meter (6 kaki) dari orang-orang, dan yang paling penting adalah tinggal di rumah jika kamu merasa sakit.

2. Isolation. Diagnosis Covid-19 memicu isolasi. Isolasi yang diperuntukan bagi mereka yang sudah sakit dan berfungsi untuk menjaga, agar orang yang terinfeksi menjauh dari orang sehat, untuk menghentikan penyebaran virus.

3. Quarantine. Karantina ditempatkan pada kelompok dan komunitas untuk memisahkan dan membatasi pergerakan orang yang terpapar penyakit menular, untuk melihat apakah mereka sakit.

Demikian penjelasan dari beberapa perbedaan dari istilah-istilah yang sedang marak sekarang ini.
Sahabat Puzzle dimana pun berada, mari kita berdoa bersama semoga pandemi ini akan segera berakhir dan kita semua bisa saling menguatkan satu dengan yang lainnya.
#StopTheSpread
Source: www.npr.org

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com