Berawal Dari Direct Message di Instagram

535 Views

 

Awal cerita ini, dimulai dari seseorang yang mengirimi saya direct message di instagram. Seseorang tersebut ternyata orang yang ditolak oleh mantan pacarku.

Awalnya dia bertanya, apakah si A benar mantan pacarku atau tidak. Dan berujung kepada dia membocorkan status HIV dari mantan pacarku.

Tanpa pikir panjang, keesokan harinya, aku langsung melakukan VCT. Didampingi oleh petugas sebaya Karawang, di salah satu puskesmas.

Rasa-rasanya bagaikan tidak berpijak ke bumi, ketika aku mendapati hasil yang positif dari VCT. Seperti tidak bisa merasakan apa-apa. Hampa

Sesampainya di kost, tak henti-hentinya aku membuka amplop hasil VCT. Aku benar-benar merasa sendiri dan pada saat itu, aku menangis sejadi-jadinya.

Aku sempat mencoba untuk mengakhiri hidup, dengan cara meminum obat tidur sebotol penuh. Namun tak jadi aku lakukan karena ragu.

Akhirnya, aku bercerita kepada teman dekatku tentang hasil dari VCT yang aku lakukan. Dia menerimanya dan langsung memperkenalkanku pada Puzzle Indonesia. LSM yang bergerak di isu sosial khususnya untuk HIV & AIDS.

Dari situ, aku mulai medical check up di RS Advent dan terapi ARV di sana. Hambatan jarak Karawang – Bandung, tidak aku hiraukan. Walaupun terasa cape, tapi aku menikmatinya.

Aku hanya open status bahwa aku Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) hanya pada teman dekatku. Secara tidak langsung, aku ingin dia peduli akan kesehatan pribadinya.

Aku belum berani untuk open status kepada orangtuaku karena mempunyai basic agama yang kuat. Aku takut tidak diakui sebagai anak oleh kedua orangtuaku.

Semakin aku rutin untuk terapi ARV, semakin aku belajar untuk mencintai diriku sendiri dan berusaha untuk mencoba hal-hal yang belum aku coba sebelumnya. Yaitu lari marathon. Dan kebetulan nanti aku akan ikut lari marathon 42k di Bandung.

Dampak kebaikan lainnya yang aku dapatkan adalah banyak orang yang sayang dan peduli sama aku. Selalu diberikan semangat dan saling menguatkan satu dengan yang lain.

Untuk teman-teman yang mempunyai status sama sepertiku, janganlah berpikir bahwa ini adalah akhir dari segalanya. Bahkan ini adalah awal mula dari segala hal-hal yang baik dalam hidupmu. Karena kebahagiaan dan kekuatan itu berasal dari dirimu sendiri.

Oh iya. Virus yang ada di dalam tubuhku, sudah tidak terdeteksi loh. Rutin dan disiplin adalah kuncinya.

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com