puzzleindonesia.com – Sebagai pusat administrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam hal pendidikan. Daftar nama-nama institusi pendidikan tinggi di Kota Mataram menunjukkan bahwa perkembangan ini bukan hanya rumor.

Berbagai institusi pendidikan dengan ragam program studi dan fasilitas lengkap tersedia sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Sebagai kota besar, tidak mengherankan jika Mataram memiliki campuran institusi pendidikan negeri dan swasta. Biaya pendidikan di sini relatif terjangkau, termasuk untuk institusi pendidikan swasta. Setiap institusi pendidikan menawarkan program studi yang beragam dengan fasilitas yang cukup lengkap, yang secara teknis sangat mendukung proses belajar mahasiswa.

Mendapatkan informasi tentang institusi pendidikan tinggi di Mataram cukup mudah karena daerah ini juga dikenal sebagai kota pariwisata yang populer.

Jadi, selain mendapatkan pendidikan yang baik, belajar di ibu kota NTB ini juga memberi kesempatan untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata. Namun, Universitas mana saja di Kota Mataram yang sangat direkomendasikan?

1. Universitas Mataram

Universitas Mataram (Unram), yang berdiri sejak tahun 1963, adalah salah satu institusi pendidikan tinggi yang terletak di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Seiring berjalannya waktu, Unram telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka dengan peningkatan signifikan dalam kualitas penyelenggaraan pendidikannya.

Unram, yang sudah mendapatkan akreditasi Baik dari BAN-PT, juga telah memperluas jangkauannya ke tingkat internasional melalui sistem pendidikan yang global. Unram saat ini memiliki unit yang mengelola berbagai kerja sama dengan lembaga/institusi pendidikan di luar negeri, yaitu Kantor Urusan Internasional (International Office Affair/OIA). Beberapa institusi pendidikan internasional yang telah menjalin kerja sama dengan Unram antara lain: Northern Arizona University, Charles Darwin University Australia, Kumamoto University, dan University Selangor Malaysia.

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Mengingat mayoritas penduduk Mataram adalah muslim, tidak mengherankan jika ada universitas yang berbasis pada Agama Islam di kota ini.

Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sebelumnya dikenal sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Peningkatan status ini adalah hasil dari upaya perbaikan berkelanjutan yang dilakukan oleh institusi ini yang berlokasi di Jalan Pendidikan No. 35, Kota Mataram.

3. Akademi Komunitas Negeri Mataram

Berikutnya dalam daftar institusi pendidikan tinggi di Kota Mataram adalah Akademi Komunitas Negeri Mataram. Institusi ini adalah perguruan tinggi negeri yang menawarkan pendidikan Diploma I. Lokasinya berada di Jalan TGH. Lopan No. 06, Labu Api. Program studi yang ditawarkan adalah D-1 Agrowisata dan D-1 Perhotelan, yang sangat sesuai mengingat potensi pariwisata di Mataram yang cukup tinggi.

4. Universitas 45 Mataram

Selanjutnya dalam daftar ini adalah Universitas 45 Mataram, sebuah institusi pendidikan tinggi swasta. Lokasinya berada di Jalan Veteran No. 10, Kota Mataram. Beberapa pilihan program studi yang ditawarkan meliputi: Agroteknologi, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Budidaya Perairan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Perairan. Institusi ini hanya menawarkan program pendidikan pada jenjang sarjana.

5. Universitas Muhammadiyah Mataram

Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) didirikan pada tanggal 25 Juni 1980 dan dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah berdasarkan Akta Notaris Abdurrahim, SH No. 355 tanggal 24 Oktober 1981, yang kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris No. 16 tanggal 8 Agustus 1986. Pada awalnya, terdapat empat fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, FISIPOL, FKIP, dan Fakultas Teknik. Fakultas Hukum ditambahkan pada tahun 2007 dan Diploma Kesehatan pada tahun 2008. Secara keseluruhan, saat ini UMMat menawarkan 13 Program Studi S1 dan empat program D3.