puzzleindonesia.com – Kali ini, Saya akan memberikan informasi tentang daftar universitas di Kota Tarakan. Tarakan adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Utara dan merupakan pusat perdagangan dan jasa.

Kota ini merupakan pintu masuk utama di utara Pulau Borneo dan juga menjadi penghubung antara Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Berbagai aspek mendukung hal ini, seperti perbankan, kuliner, rumah sakit, bisnis, industri, wisata, dan pendidikan.

Berbagai jenis institusi pendidikan tinggi dapat ditemukan di Kota Tarakan, mulai dari akademi, politeknik, sekolah tinggi hingga universitas.

Institusi-institusi ini tersebar di hampir semua wilayah dalam administrasi pemerintah kota. Selain itu, universitas di Tarakan meliputi baik yang berstatus swasta maupun negeri, sehingga Anda memiliki banyak pilihan.

Untuk memberikan informasi yang lebih komprehensif, kami telah membuat daftar universitas yang ada di Kota Tarakan. Daftar ini mencakup universitas baik negeri maupun swasta, lengkap dengan alamat dan bidang studinya. Mari kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Akademi Keperawatan Kaltara (AKPER Kaltara)

Politeknik Kaltara secara formal didirikan pada tanggal 24 Juni 2020. Ini berdasarkan Surat Keputusan Kemendikbud RI No. 592/M/2020 tentang “Izin penggabungan Akademi Keperawatan Kaltara dan Akademi Farmasi Kaltara, keduanya berlokasi di Kota Tarakan, menjadi Politeknik Kaltara di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Kaltara”.

2. Akademi Bahasa Asing Permata Hati Tarakan (ABATA)

ABATA adalah institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Kampusnya terletak di Jl Jenderal Sudirman No. 36, Tarakan, Kalimantan Utara. ABATA bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan linguistik verbal.

Dengan demikian, institusi ini mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat global, berlandaskan iman dan takwa serta budaya bangsa.

3. Politeknik Bisnis Kalimantan Utara (PBK)

PBK memiliki misi untuk menyediakan pendidikan berkualitas yang menghasilkan lulusan profesional. PBK menganut motto ‘Excellent Futures Career Begins With Excellent Digital Education Technology’. Berdasarkan motto ini, dapat dipahami bahwa institusi ini berfokus pada menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia bisnis yang terus berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan teknologi.

Selain itu, PBK telah menjalin kerjasama dan sinergi dengan pemerintah dan stakeholder terkait. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa sumber daya manusia yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar bisnis. Kampus PBK terletak di Jl Gajah Mada RT 05 No. 17, Tarakan, Kalimantan Utara

4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan (STIE Bulungan Tarakan)

Departemen Manajemen STIE Bulungan Tarakan telah beroperasi sejak tahun 1992 di Tarakan, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 341/DIKTI/Kep/1992. Keputusan ini mengubah Akademi Manajemen Perusahaan (AMP) Tanjung Selor menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tarakan. Keputusan ini kemudian diubah berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis XI atas nama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 1498/K11.A/KL/2011, yang mengubah nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tarakan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bulungan Tarakan. STIE Bulungan Tarakan telah terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 1968/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020.

5. Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Universitas Borneo Tarakan, sering disingkat UBT, adalah institusi pendidikan tinggi negeri pertama di Kalimantan Utara, yang berlokasi di Kota Tarakan, salah satu gerbang masuk ke Republik Indonesia. UBT berdiri dan berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat yang selalu berusaha meningkatkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Diantara berbagai institusi pendidikan tinggi yang ada di wilayah utara Kalimantan Timur, Universitas Borneo Tarakan memiliki potensi besar untuk memberikan jaminan kualitas dan standar pendidikan.