puzzleindonesia.com – Kabupaten Mojokerto, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, dikenal sebagai pusat pendidikan yang terkenal di Indonesia. Banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah yang berkeinginan untuk studi di Kabupaten ini. Ada lima universitas di Kabupaten Mojokerto yang masuk dalam daftar kampus terbaik. Pertumbuhan signifikan dalam sektor properti juga terlihat di Mojokerto, sejalan dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang datang ke daerah ini, yang sebagian besar dipicu oleh keberadaan lima universitas unggulan ini. Jika Anda sedang mencari universitas terbaik di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah lima universitas terbaik di Mojokerto yang perlu Anda ketahui, yang telah diurutkan berdasarkan peringkat mereka.

Meskipun kelima universitas ini memenuhi kriteria sebagai universitas terbaik, tentu masih ada beberapa perbedaan di antara mereka. Perbedaan ini bisa berkisar dari infrastruktur hingga akreditasi, yang tentu saja berdampak pada peringkat mereka sebagai lima universitas terbaik di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, berdasarkan BAN-PT. Pastikan untuk memilih universitas yang sesuai dengan minat dan bakat Anda serta dapat membantu Anda mencapai tujuan karir Anda di masa depan. Berikut adalah daftar lima universitas terbaik di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

1. Akademi Keperawatan Kosgoro Mojokerto

Akademi Keperawatan Kosgoro Mojokerto adalah salah satu institusi pendidikan tinggi yang terletak di Mojokerto.

Institusi ini dibekali dengan tenaga pengajar dan dosen yang berkualitas dan berkompeten di bidang mereka. Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai, sesuai dengan jurusan atau program studi yang ditawarkan.

Selain tenaga pengajar dan fasilitas, mereka juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk menyalurkan minat mahasiswa, kelompok riset, kelompok belajar, perpustakaan yang lengkap, organisasi kemahasiswaan, tim olahraga, dan komunitas belajar. Dengan berbagai fasilitas ini, diharapkan lulusan dari institusi ini siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus.

2. Institut Agama Islam Uluwiyah

Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto telah ada sejak tahun 1998, dikenal awalnya sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah “Uluwiyah” Mojosari Mojokerto, dengan program studi Pendidikan Agama Islam.

IAI Uluwiyah memiliki visi dan misi yang jelas. Visi dari institusi ini adalah untuk menjadi unggul dalam prestasi, dengan menekankan pada studi keislaman dan ilmu pengetahuan yang berbudaya dan berperadaban, pada tingkat internasional pada tahun 2037.

Misi dari institusi ini adalah untuk menyelenggarakan pendidikan yang menekankan pada studi keislaman, ilmu pengetahuan, dan ke-Indonesiaan yang berakar pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa yang unggul dan kompetitif. Selain itu, mereka juga berfokus pada pengembangan penelitian dalam ilmu-ilmu keislaman yang berguna untuk kepentingan akademik, masyarakat, dan lingkungan. Selain itu, mereka berupaya untuk membangun sistem pemberdayaan masyarakat Muslim yang rahmatan lil alamin.

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqqin

Pada tahun 2017, sebuah institusi pendidikan tinggi bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto (STAISAM) didirikan. Institusi ini bertujuan sebagai opsi lanjutan bagi siswa, siswi, dan santri yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin (STAI SAM) berdiri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang secara konsisten berkontribusi dalam bidang pendidikan. Menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kebutuhan masyarakat, dan perubahan global, STAI SAM selalu berinisiatif dalam mengembangkan inovasi pendidikan. Dengan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki, STAI SAM memiliki visi untuk menjadi Sekolah Tinggi Terpadu dan Unggul.

4. Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah adalah institusi pendidikan tinggi agama yang mempromosikan konsep ekonomi syariah. Institusi ini berada di bawah pengawasan KOPERTAIS (Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam) wilayah IV yang berpusat di kota Surabaya, Jawa Timur.

Institusi ini menawarkan Program Strata 1 (S1) Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah dengan sistem paket yang dituangkan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). STIES Riyadlul Jannah adalah satu-satunya institusi pendidikan tinggi ekonomi syariah yang menekankan praktik daripada teori, dengan perbandingan 70% praktik dan 30% teori. Hal ini bertujuan untuk mencetak mahasiswa yang siap langsung memasuki dunia bisnis.

Selain fokus pada praktik mahasiswa, STIES Riyadlul Jannah juga memberikan prioritas pada pembentukan karakter dan akhlak bagi mahasiswanya. Dengan konsep gabungan antara kuliah dan pesantren, STIES Riyadlul Jannah berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang memiliki perilaku dan budi pekerti yang baik. Dengan demikian, mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya akan memiliki mental entrepreneur dan budi pekerti yang baik.

5. STIKES Bina Sehat PPNI

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bina Sehat PPNI adalah sebuah institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang berfokus pada bidang kesehatan. Institusi ini berada di bawah naungan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). STIKES Bina Sehat PPNI menawarkan beberapa program studi dalam bidang kesehatan, seperti Keperawatan, Kebidanan, dan lainnya, dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidangnya.