puzzleindonesia.com – Mengenyam pendidikan di universitas negeri memang menjadi tujuan banyak orang. Bagi kamu yang berada di Lampung dan sekitarnya, ada 5 universitas negeri di Lampung yang ditawarkan untuk calon mahasiswa baik program sarjana maupun diploma.

Dengan mengikuti perkuliahan, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu dan pengalaman. Selain belajar tentang materi perkuliahan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sungguh menarik, bukan?

1. Universitas Lampung (UNILA)

Kali ini kita akan membahas tentang Universitas Lampung, salah satu universitas negeri unggulan di pulau Sumatera. Sebagai bukti keunggulannya, universitas yang dikenal dengan lingkungan hijaunya ini telah meraih banyak penghargaan dan prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 2021 lalu, Unila berhasil masuk dalam 15 besar perguruan tinggi berkelanjutan di Indonesia menurut UI Greenmetrics World University Ranking Awards. Selain itu, Universitas Lampung juga berhasil menduduki peringkat 10 dari 53 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menurut versi Scimago. Dan yang paling baru, universitas ini mendapatkan peringkat 10 dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia menurut versi Webometrics yang dirilis pada bulan Januari 2022.

2. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah institusi pendidikan tinggi yang baru saja diresmikan pada 6 Oktober 2014. Menariknya, kampus ini merupakan proyek awal dan dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB)! Walau masih terbilang baru, ITERA telah menetapkan target untuk dekade mendatang, yaitu untuk menghasilkan lulusan terbaik dan memiliki reputasi sejajar dengan ITB. Jika kamu tertarik dengan bidang teknologi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendaftar di kampus ini.

3. UIN Raden Intan Bandar Lampung (UIN Lampung)

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung adalah institusi pendidikan tinggi Islam yang paling tua dan besar di Lampung. Didirikan sejak tahun 1961, universitas ini pada awalnya hanya memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah. Saat ini, UIN Raden Intan Lampung telah berkembang dan memiliki lima fakultas yang semua berlokasi dalam satu area kampus.

4. Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)

Politeknik Negeri Lampung awalnya dikenal dengan sebutan Politeknik Pertanian Negeri Lampung. Institusi ini mulai menyelenggarakan pendidikan tinggi secara independen dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001. Pada 2 Agustus 2004, institusi yang bertagline “Profesional, Cerdas, dan Kompetitif” ini secara resmi mengubah namanya menjadi Politeknik Negeri Lampung. Perubahan nama ini disebabkan oleh rencana pengembangan kampus, di mana program studi yang ditawarkan tidak hanya terbatas pada bidang pertanian.

5. Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Jika kamu berminat untuk mengejar karir di bidang kesehatan, maka Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang bisa menjadi pilihan tempat belajar yang tepat. Politeknik ini beroperasi di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang kesehatan.

Di institusi ini, terdapat 8 program studi, yaitu Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Gigi, Analis Kesehatan, Gizi, Farmasi, dan Teknik Gigi. Dengan berbagai pilihan program studi, kamu bisa mempertajam fokus karir yang ingin dikejar di dunia kesehatan.