Pertanyaan Pasangan Positif HIV

255 Views

Pasangan Positif HIV lalu ?

Mendengar pasangan Kita positif HIV pastilah pikiran akan dipenuhi dengan banyak pertanyaan yang mungkin juga belum tahu jawabannya.
Pertanyaan seperti Apakah Kita akan Positif HIV juga, Apa perlu Kita Tes HIV, Bagaimana jika Kita ingin berhubungan seksual dengan pasangan dan masih banyak pertanyaan yang membuat Kita kebingungan.

Disini Mimin mencoba sedikit memberikan penjelasan sesuai dengan pengalaman dari para sahabat puzzle, Jika ditanya apakah Kita bisa terinfeksi virus HIV dari pasangan ? Jawabannya adalah Bisa ya bisa tidak. Ini tergantung dengan aktivitas apa saja yang sudah Kita lakukan bersama pasangan dan apakah pasangan Kita sudah melakukan terapi Antiretroviral dan melakukan tes Viral Load dan dinyatakan jumlah virusnya tidak lagi terdeteksi.

Pertanyaan untuk apakah Kita perlu melakukan tes HIV juga ? Jawabannya adalah Tes HIV adalah salah satu hal penting untuk melacak apakah Kita terinfeksi HIV atau tidak. Jika pasangan Postif HIV Kita justru harus memastikan kondisi dengan tes HIV. Dengan begitu, Kita akan tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.
Jika memang tidak positif HIV, lakukan pencegahan dengan baik ketika menghadapi pasangan. Jika hasilnya menunjukan positif HIV segera lakukan pengobatan sedini mungkin sebelum berkembang ke face AIDS.

Pertanyaan terakhir namun seringsekali di jadikan pembahasan adalah apakah Kita masih bisa berhubungan seksual ketika pasangan Positif HIV, kenapa tidak! Berhubungan seksual dengan pasangan yang positif HIV memang memiliki risiko tertular yang sangat tinggi. Boleh atau tidaknya adalah pilihan masing-masing pasangan. Namun dapat dipastikan terlebih dahulu bahwa pasangan Kita sudah melakukan terapi ARV dan hasil dari tes Viral Load menyatakan virusnya sudah tidak terdeteksi, akan tetapi penggunanan kondom disini sangat disarankan baik untuk hubungan seksual secara vaginal maupun anal. Sebab kedua aktivitas seks ini akan melibatkan banyak cairan tubuh yang notabenenya sebagai tempat penyebaran virus HIV dan penggunaan kondom juga dapat mencegah Infeksi Menular Seksual.

Puzzle Indonesia tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Informasi yang diberikan berdasarkan pengalaman sahabat puzzle sebagai orang yang hidup dengan HIV, untuk informasi medis dan lainya diharapkan dapat berkonsultasi dengan Konselor HIV atau dengan Dokter spesialis yang ada di kota tempat tinggal Kita.

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com