TIPS LIBURAN ASIK SAHABAT ODHA

768 Views

Tips aman traveling untuk orang HIV
Sudah punya anggaran khusus, destinasi impian, dan tanggal berlibur yang tepat? Jangan ragu untuk angkat kaki dan berangkat liburan! Namun sebelum packing, pastikan Anda sudah baca dan ceklis semua tips traveling berikut.

1. Cek kesehatan ke dokter
Sama seperti orang sehat kebanyakan, traveling untuk orang HIV butuh didukung oleh kondisi tubuh yang prima. Maka sebaiknya, periksakan dulu kondisi kesehatan Anda dengan dokter yang biasa menangani Anda.

Jika kadar CD4 (penanda daya tahan tubuh) dalam darah Anda di atas angka 200 sel/mL, kemungkinan besar dokter akan memberikan lampu hijau untuk Anda berangkat. Namun apabila setelah diperiksa kadar CD4 Anda jauh di bawah rentang 200-500 sel/mL, dokter mungkin akan membekali Anda dengan obat-obatan tambahan untuk mencegah kondisi tubuh tiba-tiba memburuk.

Jangan lupa juga sebelum periksa kesehatan, beri tahu dokter ke mana Anda akan pergi dan berapa lama Anda akan berada di sana. Minta juga informasi sejelas-jelasnya tentang apa yang harus Anda hindari atau kurangi di destinasi liburan Anda.

2. LakukanĀ Vaksin ( bila perlu )
Khususnya jika Anda akan berlibur cukup lama ke luar negeri, pastikan Anda harus sudah melengkapi sejumlah vaksin berikut sebelum berangkat:

Vaksin meningitis.
Vaksin japanese encephalitis.
Vaksin flu.
Vaksin campak dan rubella (Vaksin MR).
Mendapatkan vaksin sebelum berlibur akan memastikan Anda tidak tertular penyakit yang masih berpotensi mewabah di negara-negara tertentu.

Vaksin-vaksin di atas biasanya sangat dianjurkan ketika Anda akan berlibur ke negara-negara di benua Asia dan Amerika Latin. Anda mungkin akan membutuhkan vaksin lainnya karena kebutuhan vaksin tiap ODHA bisa berbeda tergantung daerah yang akan didatangi. Maka, diskusikan lebih lanjut dengan dokter mengenai destinasi dan lama berlibur Anda di sana.

3. Siapkan asuransi kesehatan
Punya asuransi kesehatan adalah salah satu tips traveling untuk orang HIV yang penting untuk dipertimbangkan. Asuransi menjadi sangat penting ketika Anda sewaktu-waktu jatuh sakit atau mengalami kecelakaan di tempat tujuan Anda sehingga butuh rawat inap di rumah sakit.

Sebelumnya, Anda juga bisa menghubungi perusahaan asuransi langganan Anda untuk memberi tahu tentang rencana perjalanan Anda dan pelayanan apa yang bisa Anda dapatkan di negara atau daerah tujuan bila Anda butuh jaminan asuransi.

Ketika packing, jangan lupa bawa kartu asuransi Anda. Taruh di dompet atau di mana pun yang mudah untuk diakses ketika Anda asyik berpetualang di luar sana.

4. Bawa obat Antiretroviral dan resep obat dokter ( bila ada obat selain ARV )
Selain bawa baju ganti dan kamera, tentu Anda tidak boleh sampai lupa bawa obat-obatan Anda biasanya. Mulai dari obat antiretroviral (ART) yang diresepkan dokter sampai obat-obatan lainnya yang mungkin berkaitan penyakit lainnya yang Anda idap. Bawa juga salinan resepnya. Selain itu, jangan lupa untuk bawa obat-obatan antinyeri nonresep dasar, seperti paracetamol atau ibuprofen.

5. Jaga diri selama di destinasi
Sah-sah saja untuk bersenang-senang begitu tiba di tempat tujuan. Namun, Anda juga perlu jaga diri selama berlibur agar kondisi tubuh tidak drop terserang penyakit di sana atau bahkan sampai merisikokan penularan penyakit pada orang lain.

Selamat berlibur sahabat Puzzle

No comments

Perkumpulan Puzzle Indonesia adalah sebuah pusat informasi dan edukasi terkait kesehatan masyarakat khususnya HIV dan AIDS

Supported by :

Hubungi Kami

Basecamp Perkumpulan Puzzle Indonesia
JL. Desa Gg Desa 1 No. 25 RT 03 RW 02
Kel. Babakansari Kec. Kiaracondong
Bandung 40283 Jawa Barat

022-20541982

info@puzzleindonesia.com