puzzleindonesia.com – Bagi Kamu yang berencana kuliah di Kediri, penting bagi Kamu untuk mengetahui daftar perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Kediri beserta profil masing-masing kampusnya sehingga memudahkan Kamu dalam menentukan universitas mana yang akan dituju.

Jika kita berbicara mengenai perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Kediri, sebenarnya sulit untuk menentukan secara obyektif perguruan tinggi mana yang dianggap terbaik. Namun akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) bisa dijadikan acuan.

Jadi jika ingin kuliah, pilihlah universitas yang terakreditasi A terlebih dahulu. Jika tidak memungkinkan, pilih yang terakreditasi B. Jika tidak memungkinkan, pilih yang terakreditasi C. Berikut daftar perguruan tinggi di Kediri beserta profil masing-masing kampusnya.

Daftar Universitas di Kediri

Kediri memiliki banyak universitas yang bisa menjadi referensi bermanfaat jika ingin menuntut ilmu. Berikut 5 rekomendasi perguruan tinggi di Kediri, baik swasta maupun negeri, yang bisa Kamu jadikan referensi dalam memilih perguruan tinggi

1. Universitas Kadiri

Universitas Kadiri berdiri pada tanggal 28 Juli 1980 dan merupakan kampus tertua di wilayah Kediri Raya. Pilihan bidang ilmu yang tersedia di kampus ini sangat beragam, mulai dari teknik, ekonomi, pertanian, sosial politik, kesehatan hingga hukum. Secara total, Universitas Kadiri mempunyai 6 fakultas dengan 23 program studi pada jenjang sarjana, pascasarjana, dan profesi.

Universitas Kadiri juga telah menjalin kerjasama internasional dengan 15 negara, beberapa diantaranya adalah Malaysia, Thailand, Amerika Serikat dan Rusia. Jika Kamu memilih untuk belajar di kampus ini, Kamu memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar di negara-negara tersebut. Menyenangkan, bukan? Selain itu Universitas Kadiri juga menjalin kerjasama dengan 150 perusahaan dalam negeri seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Bank BNI dan masih banyak lainnya.

2. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri (IIK Bhakti Wiyata) merupakan penggabungan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) milik Yayasan Bhakti Wiyata yaitu Sekolah Kejuruan Farmasi, Sekolah Kejuruan Analis Kesehatan, dan Sekolah Kejuruan Perawat Gigi. didirikan. sejak tahun 1985. Tahukah Quipperian bahwa IIK Bhakti Wiyata berhasil meraih rekor MURI sebagai Institut Kedokteran Pertama di Indonesia? Kampus ini juga berhasil menempatkan diri sebagai perguruan tinggi swasta terbaik ke-2 tahun 2020 versi Ristekdikti. Hebatnya lagi, IIK Bhakti Wiyata menjadi satu-satunya institut yang mendapat SNI Award 2021 Silver di antara 2.694 kampus lain di Indonesia. Tuan-tuan!

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri telah menyelenggarakan pendidikan selama kurang lebih 38 tahun dan terus berdedikasi untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional dan hKamul untuk melayani masyarakat lokal dan internasional. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, seluruh program studi kesehatan di IIK Bhakti Wiyata terakreditasi B oleh LAM-PTKes. Kegiatan perkuliahan di kampus ini juga didukung oleh latar belakang pendidikan yang memadai, pengembangan soft skill, metode blended learning, pengajar berkualitas dengan prestasi internasional serta kemitraan dengan perusahaan nasional dan internasional.

3. Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri adalah Fakultas Ushulduddin IAIN Sunan Ampel. Fakultas Ushuluddin memisahkan diri dari IAIN Sunan Ampel dan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri pada tahun 1997. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2018, STAIN Kediri secara resmi bertransformasi menjadi IAIN Kediri dengan tujuan untuk memperluas rumpun Ilmu Agama Islam dan memenuhi tuntutan perkembangan masyarakat. Saat ini, IAIN Kediri memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

4. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Universitas Nusantara PGRI Kediri didirikan pada tahun 1976 di bawah pimpinan PPLP PT-PGRI Kediri. Awalnya perguruan tinggi swasta ini bernama Lembaga Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Kediri, baru pada tahun 2006 resmi berubah menjadi Universitas PGRI Kediri Nusantara. Perubahan status menjadi universitas terjadi setelah beberapa sekolah menengah milik PGRI Kediri, seperti STIE Kediri, STT PGRI Kediri, AKPER PGRI Kediri dan AKBID PGRI Kediri menyatakan kesediaannya untuk bergabung dengan IKIP PGRI Kediri. untuk mendirikan universitas.

Universitas Nusantara PGRI Kediri berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik se-Kediri Raya dengan meraih Anugerah Kampus Unggul dalam LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur Tahun 2021.

5. Universitas Islam Kadiri

Universitas Islam Kadiri merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dikelola oleh Yayasan Ulama Bina Muslim Pancasila (YBCMP) sejak tahun 1983. Universitas ini terakreditasi B oleh BAN-PT dan menawarkan program pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kampus ini juga mempunyai waktu perkuliahan yang berbeda dengan menyediakan kelas reguler (Kelas A) untuk perkuliahan pagi hingga sore dan kelas staf (Kelas B) untuk perkuliahan malam. Dengan slogan “Cinta Kampus Tanah Air, Unggul Kualitasnya”, Universitas Islam Kadiri saat ini menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang paling banyak dicari oleh masyarakat di Jawa Timur.