puzzleindonesia.com – Berikut ini adalah referensi universitas teratas di Manado, Sulawesi Utara berdasarkan versi UniRank 2023 yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut UniRank 2023, ada tujuh universitas di Manado, baik negeri maupun swasta, yang berhasil masuk dalam daftar peringkat universitas terbaik dunia.

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Manado menjadi tujuan populer bagi calon mahasiswa. Tidak hanya Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), yang diminati banyak orang tua dan berada di peringkat 65 secara nasional, tetapi ada juga institusi lain seperti UNIMA, UNKLAB, UKDLSM, dan UTSU yang berhasil masuk dalam daftar peringkat dunia.

Jadi, jika Anda sedang mencari universitas terbaik di Manado untuk melanjutkan pendidikan, Anda memiliki beberapa opsi menarik yang telah mendapatkan pengakuan secara global.

1. Institut Agama Islam Negeri Manado

Pada tahun 1988, sejumlah tokoh Muslim di Manado mendirikan institusi pendidikan tinggi Islam yang dikenal sebagai Institut Agama Islam (IAI) Manado. Lalu, pada tahun 1990, IAI Manado bergabung dengan Fakultas Syari’ah dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin (sekarang telah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar). Selanjutnya, pada tahun 1997, Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin memutuskan untuk memisahkan diri dan berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado.

Setelah berjalan selama hampir 18 tahun, pada bulan November 2015, STAIN Manado mengalami perubahan status dan menjadi IAIN Manado. Sekarang, IAIN Manado memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana dengan berbagai bidang studi.

2. Politeknik Negeri Manado

Politeknik Negeri Manado, yang didirikan pada tanggal 9 November 1987 di Manado, awalnya merupakan bagian dari Universitas Sam Ratulangi dan dikenal sebagai Politeknik Universitas Sam Ratulangi. Namun, pada tahun 1999, institusi ini resmi memisahkan diri dan menjadi Politeknik Negeri Manado. Sistem pendidikan di institusi ini terdiri dari 40% teori dan 60% praktek. Saat ini, Politeknik Negeri Manado menawarkan 19 program studi pada jenjang Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan (D4) di berbagai bidang seperti teknik sipil, teknik mesin, akuntansi, administrasi bisnis, dan pariwisata. Beberapa program studi populer di kampus ini termasuk Teknik Informatika, Teknik Komputer, Akuntansi, dan Ekowisata Bawah Laut.

3. Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado

Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan profesionalisme tenaga kesehatan, yang didirikan pada tahun 2001. Institusi pendidikan tinggi ini adalah hasil penggabungan dari berbagai akademi seperti Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, Akademi Gizi, dan Akademi Kesehatan Lingkungan. Saat ini, institusi ini telah meraih akreditasi B dari BAN-PT.

4. Universitas Katolik De La Salle

Ketika mendirikan Universitas Katolik De La Salle (Unika DLS), keuskupan Manado berkolaborasi dengan Bruder De La Salle dari Filipina. Saat pertama kali didirikan pada tahun 2000, Unika DLS hanya terdiri dari lima fakultas, dan kemudian menambahkan Fakultas Keperawatan pada tahun 2003. Salah satu program unggulan dari Unika DLS adalah Pre College English Course, sebuah program martikulasi yang dirancang untuk membantu mahasiswa baru agar merasa nyaman dengan pembelajaran yang menggunakan bahasa Inggris.

5. Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi memiliki sejarah yang panjang yang dimulai pada 1 Oktober 1954 dengan pembentukan Universitas Pinaesaan. Setelah melalui beberapa perubahan status dan nama, universitas ini akhirnya didirikan pada tanggal 14 September 1965 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 277. Universitas ini berlokasi di Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Manado, yang merupakan kota pantai, memiliki garis pantai yang panjangnya mencapai 18,7 kilometer.