puzzleindonesia.com – Memutuskan institusi pendidikan tinggi yang tepat untuk melanjutkan studi di tingkat universitas adalah suatu keharusan. Pemilihan program studi atau jurusan yang cocok dapat berpengaruh signifikan pada jalannya karir di masa mendatang. Oleh karena itu, sangatlah esensial untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang program studi yang memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Selain program studi, saat memilih untuk belajar di suatu perguruan tinggi, sangat penting untuk memilih universitas yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Mengapa perlu mempertimbangkan kredibilitas universitas saat memilih tempat belajar? Karena beberapa universitas sampai saat ini masih belum terakreditasi atau belum mendapatkan izin untuk menggelar perkuliahan, tetapi masih tetap menjalankan aktivitas perkuliahan. Akibatnya, lulusan dari universitas tersebut tidak terdaftar di forlapristekdikti dan pada akhirnya tidak dapat mendaftar CPNS.

Selain mempertimbangkan program studi dan legalitas universitas, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih tempat belajar adalah memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sebaiknya, jangan hanya memilih jurusan karena banyak orang yang memilih jurusan tersebut, meskipun jurusan tersebut tidak sesuai dengan bakat dan keterampilan Anda.

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik yang ada di kota Baubau.

1. Universitas Muhammdiyah Buton

Saat ini, berdasarkan data yang ada, banyak Program Studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) yang telah meraih akreditasi B dan beberapa masih di tingkat C. Hal ini merupakan prestasi tersendiri untuk UMB dalam menunjukkan reputasinya di masyarakat. Selain itu, UMB telah melakukan kerjasama dengan berbagai institusi dan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas SDM mereka dan lulusan UMB.

UMB juga memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional, atau yang sering disebut Kuliah Kerja Amaliyah (KKA), di berbagai negara.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh semua pihak di UMB bertujuan untuk menunjukkan eksistensi dan kontribusinya dalam pembangunan SDM yang profesional, berjiwa wirausaha, dan berorientasi global.

Berdasarkan data, saat ini tercatat lebih dari 5000 mahasiswa aktif di UMB. Hal ini menunjukkan minat yang besar dari masyarakat, terutama siswa, untuk menempuh pendidikan di UMB. Mahasiswa UMB tidak hanya berasal dari kota Baubau, tetapi juga dari berbagai daerah di luar kota Baubau.

Jika kita membicarakan tentang penyerapan alumni UMB dalam dunia kerja, saat ini alumni UMB telah bekerja dalam berbagai profesi yang strategis. Oleh karena itu, bukanlah hal yang aneh jika UMB dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Baubau dan bahkan di Sulawesi Tenggara.

2.  Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN)

Universitas Dayanu Ikhsanuddin, yang lebih dikenal dengan UNIDAYAN, adalah universitas swasta pertama di pulau Buton. Didirikan pada tahun 1982, UNIDAYAN berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 43.

Saat ini, UNIDAYAN memiliki delapan fakultas yang menawarkan 15 program studi (prodi) untuk jenjang S1, serta satu program pascasarjana. Dengan lebih dari 5000 mahasiswa aktif, UNIDAYAN menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak siswa, berdasarkan data yang tersedia di website resmi universitas.

UNIDAYAN memiliki sejarah prestasi yang mengesankan. Pada tahun 2012, universitas ini berhasil meraih peringkat kedua sebagai perguruan tinggi terbaik di provinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, UNIDAYAN juga pernah menduduki peringkat kedua sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di provinsi Sulawesi Tenggara menurut versi International Colleges and University (ICU).

3. Politeknik Baubau

Politeknik Baubau adalah institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Institusi ini didirikan pada tanggal 22 Juni 2009, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 89/D/O/2009, dengan program studi Diploma III Kebidanan sebagai program studinya.

Politeknik Baubau adalah hasil penggabungan Akademi Kebidanan Yayasan Kesehatan Nasional Baubau dan Akademi Tenaga Kesehatan Baubau. Pada tanggal 4 September 2017, institusi ini secara resmi berganti nama menjadi Politeknik Baubau. Dengan lokasi di Jalan Lipu, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, Politeknik Baubau menawarkan beberapa jurusan, antara lain:

Jurusan Kesehatan

  • DIII Kebidanan
  • DIII Farmasi
  • DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Jurusan Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Terapan Manajemen Pemasaran Internasional
  • S1 Terapan Keuangan Publik.

4. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ

Didirikan pada tahun 1993 dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Qaimuddin, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ telah lama menjadi institusi pendidikan di wilayah tersebut. Awalnya, STAI YPIQ menawarkan pendidikan dalam jurusan tarbiyah dan setahun kemudian membuka jurusan Dakwah Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Kampus STAI YPIQ berada di Jalan RA Kartini No. 24, Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Program studi yang saat ini tersedia di STAI YPIQ meliputi:

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  • Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)